Ini Dia Teori Perkembangan Koginif yang Harus Kamu Pahami

Siapakah yang belum memahami tentang perkembangan Kognitif? Hem, mungkin sebagian orang masih merasa bingung, sebetulnya apa sih kognitif itu, lalu bagaimana perkembangannya?

Perkembangan kognitif dapat kamu pahami sebagai proses yang terjadi secara internal pada susunan saraf di saat manusia tengah berpikir. Berdasarkan teori Piaget, ia menjelaskan mengenai bagaimana seseorang memberikan persepsi tentang lingkungannya dalam sejumlah tahapan.

Bagaimana? Apakah kamu sudah memahami tentang kognitif dan perkembangannya? Apabila masih belum paham, yuk baca artikel ini sampai habis.

Teori Perkembangan Kognitif yang Perlu dipahami

Baiklah, sebelum membahas teorinya, akan lebih baik apabila kamu tahu pengertiannya terlebih dahulu. Secara sederhana, perkembangan kognitif dapat diartikan sebagai seluruh aktivitas mental yang membuat seseorang mampu menghubungkan, mempertimbangkan, serta menilai sebuah peristiwa.

Nah, dari proses inilah akhirnya individu tersebut mendapatkan pengetahuan. Sudah tahu kan pengertian dari kognitif, sekarang yuk langsung bahas teori nya.

Lebih Mementingkan Proses Belajar Daripada Hasil

Salah satu kewajiban mindset berpikir yang harus dibangun pada setiap orang adalah berprinsip bahwa proses jauh lebih penting daripada hasil. Dengan memiliki mindet berpikir yang seperti ini, kamu akan bisa lebih menghargai proses yang dilalui oleh orang lain.

Jadi, yuk bangun mindset ini terlebih dahulu agar kamu tidak salah melangkah untuk kedepannya.

Persepsi dan Pemahaman

Teori Perkembangan Kognitif yang selanjutnya adalah persepsi dan pemahaman. Pencapaian belajar seseorang menunjukkan tingkah laku orang tersebut. Kok bisa? Tentu bisa, hal ini dilihat dari proses orang tersebut dalam belajar, apakah ia belajar dengan cara yang baik atau justru tidak.

Jadi, kemampuan menjaga persepsi dan pemahaman mengenai proses adalah hal utama yang harus dimiliki seseorang ketika melakukan pembelajaran.

Belajar Bertahap

perkembangan kognitif yang ketiga yaitu belajar bertahap. Yang namanya pembelajaran, itu sudah pasti dilakukan secara bertahap. Materi yang akan dipelajari dipisah terlebih dahulu menjadi komponen-komponen kecil yang kemudian dipelajari secara terpisah.

Seseorang belajar dari sesuatu yang sangat mudah, lalu bertahap sedikit demi sedikit hingga sampai pada yang paling susah. Tahap demi tahap ini harus dilalui secara serius oleh pembelajar.

Keaktifan Pembelajar

Keaktifan seseorang pada saat proses pembelajaran pastinya merupakan suatu keharusan. Ketika seseorang aktif dalam belajar, secara otomatis pemahaman pembelajaran orang tersebut juga lebih cepat diperoleh.

Karena itu, pembelajar yang aktif adalah kunci untuk mendapatkan keberhasilan dalam mendapatkan informasi atau pengetahuan.

Berpikir Kompleks

Proses berpikir yang kompleks dibutuhkan dalam proses belajar. Hal ini berguna untuk memahami informasi dan pengetahuan secara lengkap dan tepat alias tidak setengah-setengah.

Apa jadinya apabila pembelajar tidak berpikir kompleks? Kemungkinan akan terjadi suatu kesalahpahaman mengenai informasi, ini karena informasi yang diperoleh tidakĀ  lengkap.