Bahan Makanan yang Merupakan Sumber Makanan Prebiotik

Prebiotik diketahui memiliki manfaat yang luar biasa bagi pertumbuhan  Buah Hati. Oleh karenanya memberikan sumber makanan prebiotik sebagai bagian dari sajian sehari-hari akan sangat mendukung hal ini. Tinggal memvariasikan nya ke dalam makanan pendamping ASI yang biasa diberikan kepada Buah Hati.

Prebiotik sendiri membantu bakteri usus baik untuk memproduksi nutrisi bagi saluran cerna sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas cernanya. Yang itu seringkali prebiotik ditambahkan ke dalam produk yang yang dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan termasuk bayi.

Sumber Makanan Prebiotik

Sumber makanan prebiotik yang biasa dikonsumsi oleh balita bayi adalah ASI. Oleh karenanya mengkonsumsi ASI dalam 6 bulan pertama  hidupnya akan membantu bayi memiliki saluran cerna yang baik.

Dengan berjalannya waktu dan bayi bertumbuh, ASI tidak cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan prebiotiknya. Oleh karena itu membutuhkan konsumsi sumber yang lain dari makanan alami.

Prebiotik terdapat banyak di dalam makanan sehingga sebenarnya tidak perlu mengkonsumsi suplemennya. Zat ini banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran terutama yang memiliki kadar karbohidrat kompleks tinggi antara lain serat dan pati yang resisten dan tidak mudah dicerna.

Kedua jenis karbohidrat ini yaitu serat dan Pati tidak dapat dicerna oleh tubuh. Sehingga dalam keadaan utuh zat ini melewati saluran cerna dengan demikian dapat menjadi makanan yang baik bagi bakteri serta mikroorganisme usus.  dengan demikian jumlahnya dapat bertambah banyak sehingga membantu kualitas saluran cerna.

Bahan Makanan yang Mengandung Prebiotik

Banyak bahan makanan yang mengandung prebiotik dan dapat dikonsumsi oleh bayi. Dari buah-buahan terdapat pisang yang mengandung inulin dalam jumlah yang kecil serta Pati yang tinggi. Pisang dapat diberikan kepada bayi sebagai makanan selingan atau kudapan.

Semangka pun mengandung prebiotik yang jumlahnya tinggi. Itu dengan kadar air yang tinggi membuat buah ini dapat dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Ibu dapat memberikan semangka setelah dihancurkan dengan lembut.

Kacang merah juga mengandung prebiotik yang tinggi. Jenis kacang ini dapat ditambahkan ke dalam menu makanan pendamping ASI setelah dilumatkan. Ibu juga dapat memberikan bubur kacang merah kepada bayi sebagai menu utama pendamping ASI.

Pada bumbu bawang putih juga mengandung prebiotik yang tinggi. Caranya pun mudah ibu tinggal membuat kuah sup menggunakan bawang putih secukupnya yang digunakan untuk memasak bubur nasi hingga lunak.

Bawang bombay pun salah satu sumber prebiotik alami. Masukkan bawang bombay ke dalam kuah sup atau ketika akan membuat kaldu ayam atau sapi. Selain memberikan rasa yang lezat bawang bombay juga dapat meningkatkan aroma masakan.

Setelah mengenal sumber makanan prebiotik yang banyak terdapat di dapur maka kini ibu tinggal variasikan nya ke dalam bubur tim yang dibuat sebagai sajian. Tinggal menentukan jumlah yang tepat sehingga anak akan menyukai rasa alaminya.